JASA BANTU DISERTASI S3
”...Take your
challenge by commitment, drive, motivation and talent, the benefits are
enourmous...”
PELATIHAN PENULISAN JURNAL DAN BUKU ILMIAH
Untuk
Mahasiswa Program S2 dan S2
PELATIHAN DAN SHARING
PENULISAN JURNAL DAN PELAPORAN PENELITIAN
Couch: Thomas Lucas
A. Pengantar
Dalam acara ini, kami akan mengajak
peserta mendiskusikan dan menemukan strategi yang tepat untuk menulis buku dan
jurnal sesuai standar internasional. Disini akan dibahas mengenai strategi
perancangan inovasi dan pengembangan research
excellence yang penting bagi pengembangan keilmuan mahasiswa pascasarjana.
Selain itu, dengan mempublikasikan penelitian dan hasilnya dalam bentuk jurnal
dan buku ilmiah, maka dapat mengangkat profil dari penulisnya. Dengan kegiatan
ini, penulis bisa mendapat manfaat ganda, misalnya penelitian bersama lintas
universitas dan antar negara. Untuk itu diperlukan jurnal yang representatif
dalam mewakili keilmuan sang penulisnya. Jurnal sebagai alat komunikasi bagi
kalangan ilmiah telah lama dipandang penting dalam menyebarkan wawasan dan
bertukar informasi bagi kalangan akademisi.
Gagasan dalam suatu penelitian
ilmiah akan terus berkembang, dan apabila tidak dipublikasikan, maka akan
menjadi bentuk kritik atas relasi tidak berimbang sebagai hasil dikotomi dan
relasi antara penelitian yang bermanfaat dan dapat dikembangkan dan penelitian
yang belum berkembang maupun terkendala oleh berbagai keterbatasan. Gagasan
ilmiah itu, yang akan dituangkan ke
dalam jurnal, haruslah memiliki dasar teori yang terinspirasi oleh pendekatan
terus berkembang sebagai bentuk kritik atas teori awal sebelumnya.
Dalam kajian ilmu penulisan (writing, bahasa, linguistik), sering
terdapat perdebatan, apakah suatu konsep, model dan teori baru harus disajikan
secara lengkap dan detail (meskipun memakan banyak lembaran kertas) atau hanya
cukup guratan alur saja (dalam bentuk jurnal atau summary). Kami berusaha untuk
menempatkan kedua kepentingan itu ke dalam kategorisasi jurnal dan buku.
Seandainya, jurnal dianggap terlalu ringkas, maka kami akan menganjurkan untuuk
menggunakan buku sebagai alat penjabaran dari konsep, model dan teori tersebut.
Dengan demikian temuan
penelitian tersebut tidak akan terkubur hanya di benak penemunya saja, namun
dapat disebarluaskan kepada para sejawat dan akademisi lainnya untuk
dikembangkan lebih lanjut. Meskipun sudah dipublikasikan dalam suatu jurnal, namun seringkali penyajian hasil
penelitian terlalu rumit untuk
disampaikan, terutama pada tata alur
dan pemakaian kata dan kalimat yang mungkin belum disepakati
oleh pihak terkait. Hal itu akan
memberikan kesulitan tersendiri bagi para mahasiswa dan peneliti
pemula untuk menarik benang merah dan mentautkan dengan hasill penelitian yang
lain.
Mungkin pembaca pernah
menemukan ada suatu jurnal yang sebenarnya topiknya menarik, namun,
kata-katanya sulit ditangkap (meskipun pembaca tersebut memiliki latar belakang
yang sesuai dengan bidang kajian jurnal tersebut). Hambatan
semacam ini, sebenarnya bisa dihindarkan, bila dari awal, dalam penyusunan
laporan penelitian itu, para penulisnya, mendiskusikan dengan pakar dari
disiplin yang berbeda, misalnya, dari pakar bahasa. Perdebatan tentang gagasan yang harus disampaikan
menempati ruang yang sangat penting dalam kajian suatu bidang ilmiah. Secara
umum, gagasan yang baku akan mengemuka dan penting bila melahirkan struktur
konsep yang maju, dan dapat terus dikembangkan. Kategorisasi ini muncul sebagai
hasil dari pendekatan untuk memahami relasi antara jurnal-jurnal internasional
dengan jurnal edisi nasional yang seringkali edisi nasional itu merupakan
jurnal-jurnal baru yang terlahir karena dorongan untuk memenuhi tujuan menambah
jumlah koleksi kepustakaan nasional, alih-alih untuk mengembangkan dan
menyebarluaskan suatu penemuan dan inovasi baru.
Untuk itulah kami hadir, kami
berusaha menjembatani dan berharap dapat saling bertukar informasi untuk
memahami relasi antara pihak peneliti dan para praktisi penulisan.
Manfaat lain mengikuti acara
ini ialah memperdalam wawasan peserta dalam mengembangkan strategi dan rencana
penelitian sehingga hasilnya optimal, menghemat waktu, fokus pada bidang area
yang akan diteliti, dan tidak memboroskan sumberdaya dalam mencari berbagai
literatur maupun fakta pendukung lainya.
Selain itu, dengan
mempublikasikan penelitian dan hasilnya dalam bentuk jurnal dan buku ilmiah,
maka dapat mengangkat profil penulisnya. Dengan kegiatan ini, peserta bisa
menjadi penulis dan
sekaligus mendapat manfaat ganda,
misalnya penelitian bersama lintas universitas dan antar negara. Untuk itu
diperlukan jurnal yang representatif dalam mewakili keilmuan sang penulisnya. Dengan
demikian jurnal bukan hanya sebagai sarana publikasi hasil penelitian, namun juga sebagai alat komunikasi bagi kalangan ilmiah, sehingga
keberadaanya sangat penting, terutama, dalam
menyebarkan wawasan dan bertukar informasi bagi kalangan akademisi.
Bagi peserta yang berencana
mengambil program scholarship untuk coursework maupun research, baik di tingkat
Internasional maupun nasional, mengikuti acara ini akan meluaskan wawasan anda
dalam menyusun proposal dan rencana strategis (strategic research planning), dan membangun komunikasi dengan
universitas induk anda (host university)
maupun universitas yang anda tuju (destination
university). Dengan proposal yang terfokus dan konsisten, pihak rekanan
akan memperoleh gambaran lengkap dari rencana penelitian anda dan peluang
diterimanya pengajuan scholarship
anda akan lebih tinggi. Kemudian, bagi anda yang ingin
mengambil program postgraduate research
scholarship on 400 top world class university, silakan meminta prospektus
tersendiri yang kami khususkan untuk itu.
Terdapat tiga cara untuk
kuliah mengejar gelar pascasarjana baik nasional maupun internasional, yaitu,
melalui coursework, research, coursework with a research component. Dengan mencari jawaban dan
mengembangkan solusi terbaik, anda akan menyumbang pada issue-issue penting
baik di lingkup lokal maupun global.
Acara kami akan memberikan
semangat, dorongan, motivasi, revitalisasi dan strategi, taktis, tips, dan menempatkan
anda dalam suatu lingkungan yang mendukung (supportive
environment). Kompleksitas dalam penelitian haruslah dianggap sebagai
tantangan bagi baik peneliti pemula maupun peneliti berpengalaman. Meskipun tantangan itu memerlukan komitmen, dorongan, motivasi dan bakat,
namun manfaatnya akan luar biasa.
Kami yakin penelitian bukanlah
tuntutan akademik yang terpisah, yang hanya dinilai dengan SKS, namun seharusnya digunakan untuk meningkatkan perbaikan
nyata terhadap masyarakat. Gagasan untuuk mengubah pemikiran menjadi tindakan memiliki
arti bahwa kalangan akademisi haruslah berada pada garis terdepan untuk
mengembangkan gagasan-gagasan baru (new
ideas) dan teknologi yang melampaui batas (cutting-edge technology). Dunia pengetahuan selalu berkembang,
inovasi dan penemuan selalu lahir kapanpun, mari kita menjadi bagian darinya
dan pemimpin dalam inovasi.
Demikian, untuk sharing dan bertukar informasi, hubungi
Sdr. Thomas Wawan 08156 844 5157, pada jam kerja. Tersedia
kelas dalam Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
B. Pokok-pokok
bahasan
Bagian I
BULAN 1
(Minggu ke 1, 2, 3, 4) –
BE OBSERVER AND PROUD
Pengantar,
pembahasan tujuan utama dan hasil yang harus direncanakan, orientasi kelas
pelatihan master dan doktorat.
· Menentukan
semua bidang penelitian yang menarik untuk diteliti dan menyederhanakan menjadi
rencana strategis penelitian (strategic research plan)
· 100 langkah
untuk menghindari plagiarisme
· Bangga
menjadi peneliti
· Membagi
waktu: meneliti, mengajar (bagi dosen), dan untuk keluarga.
BULAN 2
(Minggu ke 5, 6, 7, 8)
-- STRATEGIC AND
TACTICAL PLANNING
Strategi
dan taktik dalam mengemukakan gagasan yang runtun dan berimbang dan cara
menyampaikan gagasan-gagasan ilmiah dan kemajuan dalam bentuk tertulis singkat
(jurnal, summary, presentasi) maupun dalam bentuk tertulis panjang (long
research report, buku kuliah, buku laporan dampak, dll).
· Klarifikasi
jurnal sebagai pengantar konsep penting dalam inovasi dan penelitian.
· Akar-akar
gagasan dan kemajuan yang dapat dituangkan ke dalam tulisan ilmiah (scientific
writing).
· bimbingan
dan Menulis jurnal
Bagian II
BULAN
3 -- OBSTACLES AND LIMITATION
(Minggu ke
1, 2, 3, 4)
Memahami
hambatan dan kendala penelitian dan mengatasi kesulitan mencari topik
· Akar
gagasan penelitian modernis
· Varian-varian
inovasi modern:
o
Inovasi pada teori-teori yang terus berkembang dan
bertambah
o
Memahami alur pemikiran peneliti lainnya dengan jalur
sederhana
o
Hubungan inovasi dan Pendekatan Kultural
o
Bekerjasama dan menjalin hubungan dengan masyarakat
tertentu
o
Bekerjasama dan menjalin hubungan dengan perusahaan atau
sponsorship
· bimbingan
dan Menulis jurnal
· menyusun
draf proposal untuk grant, sponsorship, atau penelitian bersama
BULAN 4 –
MENGELOLA PROYEK PENELITIAN ANDA DAN DATA PENELITIAN SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN
(Minggu ke
1, 2, 3, 4)
Mengelola
sumber daaya dan kemampuan personal agar dapat secara cepat mengebangkan konsep-konsep abstrak anda
menjadi penelitian berkualitas tinggi.
· Turun ke lapangan
· Mengumpulkan
sponsorship
· bimbingan
dan Menulis buku dan jurnal
· menulis
laporan penelitian untuk kalangan tertentu
BULAN 5 -
(Minggu ke
1, 2, 3, 4)
Mengatur
momentum, waktu, energi, dan sumber daya
· untuk membantu
peserta menjaga momentum yang telah dibangun, menempatkan peserta dengan peserta lain yang memiliki kesamaan
alur dan kemampuan saling melengkapi
· mengatasi
ketidakpuasan terhadap topik yang telah ada: kritik internal terhadap
pendekatan penelitian sebelumnya.
· Pendekatan-pendekatan
alternatif dalam memahami inovasi yang bermanfaat; dengan alur pemikiran
konvensional maupun yang baru.
·
bimbingan dan Menulis buku dan jurnal
· membangun ruang
dependensia, membangun sinergi dengan pihak dengan pengalaman berbeda (various
capability).
· Membebaskan
diri dari konsep konvesional - pembebasan kreativitas untuk menemukan inovasi
bermutu tinggi
· Penelitian sebagai pembebasan dan transformasi
kreativitas, membangun gagasan tanpa takut salah, namun mengutamakan segi
kebermanfaatan.
· bimbingan
dan Menulis buku dan jurnal
BULAN 6
Teori
sinkronisasi bagi pandangan peneliti berbeda: inovasi dan keterbelakangan
·
Akar teori ketergantungan: pendekatan strukturalis.
·
Teori ketergantungan: ketergantungan peneliti terhadap
metodologi konvensional telah menciptakan hambatan terstruktur bagi inovasi dan
kreativitas baru; akselerasi dalam ber
inovasi dan mengembangkan tahapan yang rinci dan detail.
·
Menyikapi kritik dan membangun visi-misi bersama antar
peneliti berbeda.
· bimbingan
dan Menulis buku dan jurnal
Bagian III
BULAN 7
Kebuntuan dalam penelitian
·
Kegagalan ilmu bahasa dalam menjembatani inovasi dan
pengembangan ilmu pengetahuan.
·
Impose of knowledge
·
Perspektif kritis terhadap komunikasi antar peneliti
internasional: kultural dan perbedaan
visi-misi
·
Akar gagasan inovasi dunia barat-timur (inovasi niaga, terapan dan
inovasi murni)
·
Karakteristik pendekatan untuk inovasi yang berbeda dalam memahami isssue-issuue
terkini
·
bimbingan dan Menulis buku dan jurnal
BULAN
8 - INTELECTUAL COMMUNITY
Great
intellectual debate:Perspektif kritis terhadap hasil penelitian
·
Membangun
intellectual community untuk mengembangkan tradisi perbaikan idea dan saling
mengkomentari mengenai penelitian-penelitian dasar ((basic research)
·
Menjaga ikatan intellectual community,
berrbagai infomrasi, membangun jaringan internasional, mendapatkan dukungan
agar penelitian terus berjalan
·
Membangun PECCR (prestige, expertise, choice,
connections, relevance) antara bidang anda dengan rekanan, teman sejawat
lainnya.
·
Menjaga kualitas komunitas ilmiah (rich,
multicultural landscape of ideas, skills and personalities)
·
membangun vibrant research, technology, dan
manufacturin precinct
·
Mempersiapkan diri untuk workshop, seminar dan
conference
·
bimbingan dan Menulis buku dan jurnal
BULAN 9
Penelitian Postmodernisme
·
Akar gagasan postmodernisme
·
Karakteristik pendekatan posmodernisme dalam
memahami penelitian untuk pembangunan
Pembangunan berkelanjutan:
berpartisipasi dalam program pemerintah dan program Internasional (misalnya,
MDG, UNESCO, IMF, WB, dsb)
·
Akar gagasan pembangunan berkelanjutan, fokus
dan poin penting bersama
·
Karakteristik pendekatan berkelanjutan: political
ecology & gerakan-gerakan green politics, green revolution, pertukaran
emisi, inovasi skala global, dsb.
Development vs post-development or
anti-development? : memilih arus yang tepat.
· bimbingan
dan Menulis buku dan jurnal
panduan ini
tidak berlaku untuk mahasiwa yang ingin mengambil program scholarship ke 400 top world
class university. Silakan minta
prospektus ”POSTGRADUATE RESEARCH PLANNNING”.
Acara ini dilakukan
dengan metode diskusi dan seminar terbatas bagi peserta saja. Mahasiswa datang
ke pertemuan dengan persiapan yang memadai untuk barpartisipasi dan
berkontribusi dalam seminar. Acara utama ialah menyusun perencanaan dan
strategi diikuti dengan sesi tanya-jawab dari
pertanyaan-pertanyaan yang telah dipersiapkan dan diajukan oleh
moderator maupun oleh peserta. Sesuai dengan jadwal, akan ada pelatihan uuntuk
mengembangkan konsep-konsep abstrak peserta yang dapat dibahas untuk menjadi
jurnal dan buku. Peserta akan mendapat manfaat dari kesempatan kaya-informasi
ini.
Untuk review dan
penyampaian dokumen, dilakukan melalui e-mail atau tatap muka sesuai jadwal
atau sesuai kesepakatan.
D. Tugas-tugas
Peserta diharapkan akan lebih santai dan enjoy dengan
kegiatan ini karena kami memberikan strategi dan tips yang mempermudah mereka
dalam mengatur waktu antara penelitian dan kegiatan pribadi, misal,
keluarga. Kami memandang perlu untuk
berbagi wawasan dan berpartisipasi. Wawasan tidak hanya dari membaca teori,
tapi kami lebih mengedapankan pemahaman dan pengalaman lapangan. Metode yang
digunakan dalam mata kuliah ini menuntut peserta untuk berbagi pengalaman dan aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan
diskusi. Meskipun peserta, tidak memiliki waktu longgar untuk meneliti ,namun
sketsa dan mind-mapping yang kami berikan akan sangat bermanfaat dalam
mempermudah penelitian. Peserta
akan dibimbing dan diberi pandangan alternative mengenai review dan masukan
dari jurnal atau penelitian yang akan dilakukan. Dalam acara ini, tim JBD akan memberikan ringkasan dan umpan-balik
mengenai tema-tema dan rancangan (draf) yang sesuai dengan konsep dimiliki
peserta. Kami juga akan mempersiapkan
peserta untuk menghadapi seminar kelas bagi yang sedang menghadapi tugas
kuliah. Secara keseluruhan, kami berusaha menyusun sinergi dan saling
melengkapi dengan peserta.
E. Tujuan akhir acara ini
Kami mengharapkan dalam baik proses dan tujuan akhir, peserta
akan mendapatkan manfaat sebaik mungkin. Setidaknya, tujuan utama dari acara 8 bulan ini meliputi: jurnal
publikasi internasional (2 buah), jurnal review individual (2 buah), buku untuk
materi perkuliahan (2 buah), buku untuk kalangan publik (2 buah), dan jurnal
nasional (2 buah). Kami juga menyediakan kesempatan bagi peserta yang memang
memiliki tujuan khusus dan ingin menerbitkan hanya satu macam publikasi saja.
Bagi yang ingin mengejar program
internasional (scholarship, grant, coursework with research components,
dsb) kami siap memberikan dukungan (academic
support dan strategic research
planning) dan mendiskusikan mengenai
hal itu. Tersedia dua kelas, yaitu kelas untuk penulisan penelitian (research writing) dan kelas untuk 400-scholarship research proposal.
Silakan tentukan pilihan Anda.
E. Peserta
Mahasiswa program pascasarjana S2 dan
S3 dari berbagai bidang penelitian.
E. lokasi dan waktu
Kami menyusun jadwal hingga 8 bulan,
namun dalam prakteknya, bisa lebih lama atau lebih singkat, silakan diskusikan dengan tim JBD.
Lokasi fleksibel, karena menghargai
kesibukan anda, sehingga kami akan berusaha memilih tempat yang terdekat dengan
lokasi peserta.
No comments:
Post a Comment