Thursday, October 3, 2013

PELATIHAN PENULISAN JURNAL DAN BUKU ILMIAH





JASA BANTU DISERTASI S3
”...Take your challenge by commitment, drive, motivation and talent, the benefits are enourmous...”
PELATIHAN PENULISAN JURNAL DAN BUKU ILMIAH
Untuk
Mahasiswa Program S2 dan S2


PELATIHAN DAN SHARING
PENULISAN JURNAL DAN PELAPORAN PENELITIAN
Couch: Thomas Lucas 

A. Pengantar

Dalam acara ini, kami akan mengajak peserta mendiskusikan dan menemukan strategi yang tepat untuk menulis buku dan jurnal sesuai standar internasional. Disini akan dibahas mengenai strategi perancangan inovasi dan pengembangan research excellence yang penting bagi pengembangan keilmuan mahasiswa pascasarjana. Selain itu, dengan mempublikasikan penelitian dan hasilnya dalam bentuk jurnal dan buku ilmiah, maka dapat mengangkat profil dari penulisnya. Dengan kegiatan ini, penulis bisa mendapat manfaat ganda, misalnya penelitian bersama lintas universitas dan antar negara. Untuk itu diperlukan jurnal yang representatif dalam mewakili keilmuan sang penulisnya. Jurnal sebagai alat komunikasi bagi kalangan ilmiah telah lama dipandang penting dalam menyebarkan wawasan dan bertukar informasi bagi kalangan akademisi.
Gagasan dalam suatu penelitian ilmiah akan terus berkembang, dan apabila tidak dipublikasikan, maka akan menjadi bentuk kritik atas relasi tidak berimbang sebagai hasil dikotomi dan relasi antara penelitian yang bermanfaat dan dapat dikembangkan dan penelitian yang belum berkembang maupun terkendala oleh berbagai keterbatasan. Gagasan ilmiah itu,  yang akan dituangkan ke dalam jurnal, haruslah memiliki dasar teori yang terinspirasi oleh pendekatan terus berkembang sebagai bentuk kritik atas teori awal sebelumnya.
Dalam kajian ilmu penulisan (writing, bahasa, linguistik), sering terdapat perdebatan, apakah suatu konsep, model dan teori baru harus disajikan secara lengkap dan detail (meskipun memakan banyak lembaran kertas) atau hanya cukup guratan alur saja (dalam bentuk jurnal atau summary). Kami berusaha untuk menempatkan kedua kepentingan itu ke dalam kategorisasi jurnal dan buku. Seandainya, jurnal dianggap terlalu ringkas, maka kami akan menganjurkan untuuk menggunakan buku sebagai alat penjabaran dari konsep, model dan teori tersebut.
Dengan demikian temuan penelitian tersebut tidak akan terkubur hanya di benak penemunya saja, namun dapat disebarluaskan kepada para sejawat dan akademisi lainnya untuk dikembangkan lebih lanjut. Meskipun sudah dipublikasikan dalam suatu jurnal, namun seringkali penyajian hasil penelitian terlalu rumit untuk disampaikan, terutama pada tata alur dan pemakaian kata dan kalimat yang mungkin belum disepakati oleh pihak terkait. Hal itu akan memberikan kesulitan tersendiri bagi para mahasiswa dan peneliti pemula untuk menarik benang merah dan mentautkan dengan hasill penelitian yang lain.  
Mungkin pembaca pernah menemukan ada suatu jurnal yang sebenarnya topiknya menarik, namun, kata-katanya sulit ditangkap (meskipun pembaca tersebut memiliki latar belakang yang sesuai dengan bidang kajian jurnal tersebut). Hambatan semacam ini, sebenarnya bisa dihindarkan, bila dari awal, dalam penyusunan laporan penelitian itu, para penulisnya, mendiskusikan dengan pakar dari disiplin yang berbeda, misalnya, dari pakar bahasa. Perdebatan tentang gagasan yang harus disampaikan menempati ruang yang sangat penting dalam kajian suatu bidang ilmiah. Secara umum, gagasan yang baku akan mengemuka dan penting bila melahirkan struktur konsep yang maju, dan dapat terus dikembangkan. Kategorisasi ini muncul sebagai hasil dari pendekatan untuk memahami relasi antara jurnal-jurnal internasional dengan jurnal edisi nasional yang seringkali edisi nasional itu merupakan jurnal-jurnal baru yang terlahir karena dorongan untuk memenuhi tujuan menambah jumlah koleksi kepustakaan nasional, alih-alih untuk mengembangkan dan menyebarluaskan suatu penemuan dan inovasi baru.
Untuk itulah kami hadir, kami berusaha menjembatani dan berharap dapat saling bertukar informasi untuk memahami relasi antara pihak peneliti dan para praktisi penulisan.
Manfaat lain mengikuti acara ini ialah memperdalam wawasan peserta dalam mengembangkan strategi dan rencana penelitian sehingga hasilnya optimal, menghemat waktu, fokus pada bidang area yang akan diteliti, dan tidak memboroskan sumberdaya dalam mencari berbagai literatur maupun fakta pendukung lainya.
Selain itu, dengan mempublikasikan penelitian dan hasilnya dalam bentuk jurnal dan buku ilmiah, maka dapat mengangkat profil penulisnya. Dengan kegiatan ini, peserta bisa menjadi penulis dan sekaligus mendapat manfaat ganda, misalnya penelitian bersama lintas universitas dan antar negara. Untuk itu diperlukan jurnal yang representatif dalam mewakili keilmuan sang penulisnya. Dengan demikian jurnal bukan hanya sebagai sarana publikasi  hasil penelitian, namun juga sebagai alat komunikasi bagi kalangan ilmiah, sehingga keberadaanya  sangat penting, terutama,  dalam menyebarkan wawasan dan bertukar informasi bagi kalangan akademisi.
Bagi peserta yang berencana mengambil program scholarship untuk coursework maupun research, baik di tingkat Internasional maupun nasional, mengikuti acara ini akan meluaskan wawasan anda dalam menyusun proposal dan rencana strategis (strategic research planning), dan membangun komunikasi dengan universitas induk anda (host university) maupun universitas yang anda tuju (destination university). Dengan proposal yang terfokus dan konsisten, pihak rekanan akan memperoleh gambaran lengkap dari rencana penelitian anda dan peluang diterimanya pengajuan scholarship anda akan lebih tinggi. Kemudian, bagi anda yang ingin mengambil program postgraduate research scholarship on 400 top world class university, silakan meminta prospektus tersendiri yang kami khususkan untuk itu.
Terdapat tiga cara untuk kuliah mengejar gelar pascasarjana baik nasional maupun internasional, yaitu, melalui coursework, research, coursework with a research component. Dengan mencari jawaban dan mengembangkan solusi terbaik, anda akan menyumbang pada issue-issue penting baik di lingkup lokal maupun global.
Acara kami akan memberikan semangat, dorongan, motivasi, revitalisasi dan strategi, taktis, tips, dan menempatkan anda dalam suatu lingkungan yang mendukung (supportive environment). Kompleksitas dalam penelitian haruslah dianggap sebagai tantangan bagi baik peneliti pemula maupun peneliti berpengalaman. Meskipun tantangan itu memerlukan komitmen, dorongan, motivasi dan bakat, namun manfaatnya akan luar biasa.
Kami yakin penelitian bukanlah tuntutan akademik yang terpisah, yang hanya dinilai dengan SKS, namun seharusnya digunakan untuk meningkatkan perbaikan nyata terhadap masyarakat. Gagasan untuuk mengubah pemikiran menjadi tindakan memiliki arti bahwa kalangan akademisi haruslah berada pada garis terdepan untuk mengembangkan gagasan-gagasan baru (new ideas) dan teknologi yang melampaui batas (cutting-edge technology). Dunia pengetahuan selalu berkembang, inovasi dan penemuan selalu lahir kapanpun, mari kita menjadi bagian darinya dan pemimpin dalam inovasi.
Demikian, untuk sharing dan bertukar informasi, hubungi Sdr. Thomas Wawan 08156 844 5157, pada jam kerja. Tersedia kelas dalam Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.


B. Pokok-pokok bahasan

Bagian I

BULAN 1 (Minggu ke 1, 2, 3, 4) – BE OBSERVER AND PROUD

Pengantar, pembahasan tujuan utama dan hasil yang harus direncanakan, orientasi kelas pelatihan master dan doktorat.
·      Menentukan semua bidang penelitian yang menarik untuk diteliti dan menyederhanakan menjadi rencana strategis penelitian (strategic research plan)
·      100 langkah untuk menghindari plagiarisme
·      Bangga menjadi peneliti
·      Membagi waktu: meneliti, mengajar (bagi dosen), dan untuk keluarga.


BULAN 2 (Minggu ke 5, 6, 7, 8)  -- STRATEGIC AND TACTICAL PLANNING

Strategi dan taktik dalam mengemukakan gagasan yang runtun dan berimbang dan cara menyampaikan gagasan-gagasan ilmiah dan kemajuan dalam bentuk tertulis singkat (jurnal, summary, presentasi) maupun dalam bentuk tertulis panjang (long research report, buku kuliah, buku laporan dampak, dll).
·      Klarifikasi jurnal sebagai pengantar konsep penting dalam inovasi dan penelitian.
·      Akar-akar gagasan dan kemajuan yang dapat dituangkan ke dalam tulisan ilmiah (scientific writing).
·      bimbingan dan Menulis jurnal

Bagian II

BULAN 3  -- OBSTACLES AND LIMITATION
(Minggu ke 1, 2, 3, 4)
Memahami hambatan dan kendala penelitian dan mengatasi kesulitan mencari topik
·      Akar gagasan penelitian modernis
·      Varian-varian inovasi modern:
o   Inovasi pada teori-teori yang terus berkembang dan bertambah
o   Memahami alur pemikiran peneliti lainnya dengan jalur sederhana
o   Hubungan inovasi dan Pendekatan Kultural
o   Bekerjasama dan menjalin hubungan dengan masyarakat tertentu
o   Bekerjasama dan menjalin hubungan dengan perusahaan atau sponsorship
·      bimbingan dan Menulis jurnal
·      menyusun draf proposal untuk grant, sponsorship, atau penelitian bersama

BULAN 4 – MENGELOLA PROYEK PENELITIAN ANDA DAN DATA PENELITIAN SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN
(Minggu ke 1, 2, 3, 4)
Mengelola sumber daaya dan kemampuan personal agar dapat secara  cepat mengebangkan konsep-konsep abstrak anda menjadi  penelitian berkualitas tinggi.
·      Turun ke lapangan
·      Mengumpulkan sponsorship
·      bimbingan dan Menulis buku dan jurnal
·      menulis laporan penelitian untuk kalangan tertentu

BULAN 5 -
(Minggu ke 1, 2, 3, 4)
Mengatur momentum, waktu, energi, dan sumber daya
·      untuk membantu peserta menjaga momentum yang telah dibangun, menempatkan peserta  dengan peserta lain yang memiliki kesamaan alur dan kemampuan saling melengkapi
·      mengatasi ketidakpuasan terhadap topik yang telah ada: kritik internal terhadap pendekatan penelitian sebelumnya.
·      Pendekatan-pendekatan alternatif dalam memahami inovasi yang bermanfaat; dengan alur pemikiran konvensional maupun yang baru.
·      bimbingan dan Menulis buku dan jurnal
·      membangun ruang dependensia, membangun sinergi dengan pihak dengan pengalaman berbeda (various capability).
·      Membebaskan diri dari konsep konvesional - pembebasan kreativitas untuk menemukan inovasi bermutu tinggi
·      Penelitian  sebagai pembebasan dan transformasi kreativitas, membangun gagasan tanpa takut salah, namun mengutamakan segi kebermanfaatan.
·      bimbingan dan Menulis buku dan jurnal

BULAN 6
Teori sinkronisasi bagi pandangan peneliti berbeda: inovasi dan keterbelakangan
·         Akar teori ketergantungan: pendekatan strukturalis.
·         Teori ketergantungan: ketergantungan peneliti terhadap metodologi konvensional telah menciptakan hambatan terstruktur bagi inovasi dan kreativitas  baru; akselerasi dalam ber inovasi dan mengembangkan tahapan yang rinci dan detail.
·         Menyikapi kritik dan membangun visi-misi bersama antar peneliti berbeda.
·      bimbingan dan Menulis buku dan jurnal

Bagian III
BULAN 7
 Kebuntuan dalam penelitian
·           Kegagalan ilmu bahasa dalam menjembatani inovasi dan pengembangan ilmu pengetahuan.
·           Impose of knowledge
·           Perspektif kritis terhadap komunikasi antar peneliti internasional: kultural dan  perbedaan visi-misi
·           Akar gagasan inovasi dunia barat-timur (inovasi niaga, terapan dan inovasi murni)
·           Karakteristik pendekatan untuk inovasi yang berbeda dalam memahami isssue-issuue terkini
·           bimbingan dan Menulis buku dan jurnal

BULAN 8  - INTELECTUAL COMMUNITY
Great intellectual debate:Perspektif kritis terhadap hasil penelitian
·           Membangun intellectual community untuk mengembangkan tradisi perbaikan idea dan saling mengkomentari mengenai penelitian-penelitian dasar ((basic research)
·           Menjaga ikatan intellectual community, berrbagai infomrasi, membangun jaringan internasional, mendapatkan dukungan agar penelitian terus berjalan
·           Membangun PECCR (prestige, expertise, choice, connections, relevance) antara bidang anda dengan rekanan, teman sejawat lainnya.
·           Menjaga kualitas komunitas ilmiah (rich, multicultural landscape of ideas, skills and personalities)
·           membangun vibrant research, technology, dan manufacturin precinct
·           Mempersiapkan diri untuk workshop, seminar dan conference
·           bimbingan dan Menulis buku dan jurnal

BULAN 9
Penelitian Postmodernisme
·           Akar gagasan postmodernisme
·           Karakteristik pendekatan posmodernisme dalam memahami penelitian untuk pembangunan
Pembangunan berkelanjutan: berpartisipasi dalam program pemerintah dan program Internasional (misalnya, MDG, UNESCO, IMF, WB, dsb)
·           Akar gagasan pembangunan berkelanjutan, fokus dan poin penting bersama
·           Karakteristik pendekatan berkelanjutan: political ecology & gerakan-gerakan green politics, green revolution, pertukaran emisi, inovasi skala global, dsb.
Development vs post-development or anti-development? : memilih arus yang tepat.
·      bimbingan dan Menulis buku dan jurnal


panduan ini tidak berlaku untuk mahasiwa yang ingin mengambil  program scholarship ke 400 top world class  university. Silakan minta prospektus ”POSTGRADUATE RESEARCH PLANNNING”.

C. Pelaksanaan
Acara ini dilakukan dengan metode diskusi dan seminar terbatas bagi peserta saja. Mahasiswa datang ke pertemuan dengan persiapan yang memadai untuk barpartisipasi dan berkontribusi dalam seminar. Acara utama ialah menyusun perencanaan dan strategi diikuti dengan sesi tanya-jawab dari  pertanyaan-pertanyaan yang telah dipersiapkan dan diajukan oleh moderator maupun oleh peserta. Sesuai dengan jadwal, akan ada pelatihan uuntuk mengembangkan konsep-konsep abstrak peserta yang dapat dibahas untuk menjadi jurnal dan buku. Peserta akan mendapat manfaat dari kesempatan kaya-informasi ini.
Untuk review dan penyampaian dokumen, dilakukan melalui e-mail atau tatap muka sesuai jadwal atau sesuai kesepakatan. 

D. Tugas-tugas
Peserta diharapkan akan lebih santai dan enjoy dengan kegiatan ini karena kami memberikan strategi dan tips yang mempermudah mereka dalam mengatur waktu antara penelitian dan kegiatan pribadi, misal, keluarga.  Kami memandang perlu untuk berbagi wawasan dan berpartisipasi. Wawasan tidak hanya dari membaca teori, tapi kami lebih mengedapankan pemahaman dan pengalaman lapangan. Metode yang digunakan dalam mata kuliah ini menuntut peserta  untuk berbagi pengalaman dan  aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan diskusi. Meskipun peserta, tidak memiliki waktu longgar untuk meneliti ,namun sketsa dan mind-mapping yang kami berikan akan sangat bermanfaat dalam mempermudah penelitian. Peserta akan dibimbing dan diberi pandangan alternative mengenai review dan masukan dari jurnal atau penelitian yang akan dilakukan.  Dalam acara ini, tim JBD  akan memberikan ringkasan dan umpan-balik mengenai tema-tema dan rancangan (draf) yang sesuai dengan konsep dimiliki peserta.  Kami juga akan mempersiapkan peserta untuk menghadapi seminar kelas bagi yang sedang menghadapi tugas kuliah. Secara keseluruhan, kami berusaha menyusun sinergi dan saling melengkapi dengan peserta.

E. Tujuan akhir acara ini
Kami mengharapkan  dalam baik proses dan tujuan akhir, peserta akan mendapatkan manfaat sebaik mungkin. Setidaknya, tujuan utama  dari acara 8 bulan ini meliputi: jurnal publikasi internasional (2 buah), jurnal review individual (2 buah), buku untuk materi perkuliahan (2 buah), buku untuk kalangan publik (2 buah), dan jurnal nasional (2 buah). Kami juga menyediakan kesempatan bagi peserta yang memang memiliki tujuan khusus dan ingin menerbitkan hanya satu macam publikasi saja.
Bagi yang ingin mengejar program internasional (scholarship, grant, coursework with research components, dsb) kami siap memberikan dukungan (academic support dan strategic research planning) dan mendiskusikan  mengenai hal itu. Tersedia dua kelas, yaitu kelas untuk penulisan penelitian (research writing) dan kelas untuk 400-scholarship research proposal. Silakan tentukan pilihan Anda. 

E. Peserta
Mahasiswa program pascasarjana S2 dan S3 dari berbagai bidang penelitian.

E. lokasi dan waktu
Kami menyusun jadwal hingga 8 bulan, namun dalam prakteknya, bisa lebih lama atau lebih  singkat, silakan diskusikan dengan tim JBD.
Lokasi fleksibel, karena menghargai kesibukan anda, sehingga kami akan berusaha memilih tempat yang terdekat dengan lokasi peserta.

No comments:

Post a Comment